Thursday, January 7, 2016

Peralatan yang Perlu Dibawa Saat Haji

Untuk memudahkan perjalanan haji dengan tidak berlebihan ada beberapa peralatan penting yang perlu dibawa. Peralatan ini akan memudahkan perjalanan haji atau membantu jamaah mengirit pengeluaran selama di sana.
Untuk keperluan internet dari Indonesia ada beberapa operator yang menyediakan paket internet. Misalnya saja telkomsel dan indosat sudah menyediakan paket haji ada yang berlaku selama 20 hari dan ada yang 40 hari. Harganya bervariasi dari 400rb sampai mendekati 1 juta rupiah. Kartu yang dibawa dari Indonesia akan langsung terkoneksi dengan operator yang ada di KSA. Enak sih karena tidak perlu pusing gonta-ganti operator, apa yang tersedia di sekitar bisa langsung dihubungkan. Tapi kadang pertimbangan harganya itu jadi penghalang karena cukup mahal. Selain itu di KSA juga tetap memerlukan operator lokal untuk melakukan komunikasi misalnya untuk koordinasi dengan keluarga atau anggota kelompok lainnya.
Untuk keperluan sehari-hari diperlukan tas kecil untuk membawa sendal, botol minum, dan quran saat pergi ke masjid. Jangan tas yang terlalu besar karena biasanya diperiksa di pintu masuk. Kalau tas yang besar kadang diharuskan menyimpan tas di loker yang ada di luar masjid. Contohnya seperti gambar di bawah yang biasanya jadi paket yang diberi oleh bank.
sumber gambar alibaba

Alat semprot air. Jangan yang terlalu kecil, tidak terasa semprotannya. Pilih yang ukurannya sebesar pembersih kaca. Diperlukan saat ada di luar masjid misalnya kalau ngga dapat tempat  karena terlambat datang. Atau sedang dalam perjalanan ke jamarot untuk lempar jumroh.
semprotan yang cukup besar
Sajadah kecil. Kepake di dalam masjid atau luar masjid kalau terlambat. Ini mah kepake setiap hari setiap saat. Bisa sih beli di KSA juga karena harganya jauh lebih murah. Jauh. Di Indonesia harga 450rb, di sana paling 120 rban.


Sendal seperti sendal gunung eiger, murah cuma 100rban. Handuk juga perlu kalau hotelnya tidak menyediakannya. Hotel tempat saya sih menyediakan handuk ganti dan seprei. Ga tau yang lain.
Senter tidak perlu dibawa karena hanya dipakai sebentar saja.



0 comments:

Post a Comment