Saturday, June 4, 2016

Hitler dan Asemka

Sambil membongkar-bongkar edisi Times tentang perang dunia kedua saiya mencatat beberapa hal.
1.0
Bahwa setelah perang dunia pertama selesai, Sekutu (AS-Inggris-Prancis) menyita seluruh simpanan emas Jerman melalui Versailes. Mendorong didirikannya negara Weimar Republik Jerman yang kewajiban pertamanya adalah membayar hutang kalah perang dengan uang pinjaman Inggris dan AS. Jerman diwajibkan membiayai kerusakan akibat perang dan penggunaan mata uang dollar bagi perdagangan barang internasional.
2,0
Menjelang medio 1920 inflasi yang berakhir dengan hancurnya mata uang Reichtmark dan diambilnya Ruhr dan Rheinland, kawasan industri yang kaya akan material batubara dan logam oleh Prancis.
3.0
Inggris mendorong diterapkannya conditional transfer atau semacam kebijakan negara sumbangsih bagi Republik Weimar Jerman dengan grup modal yahudi dalam JP Morgan sebagai sentra pemegang uang dan valuta asing. Nantinya orang Yahudi ini menerapkan sepenuhnya konversi pembelian via valuta asing yang membuat harga bagi barang-barang produksi masyarakat Jerman jatuh.
4.0
Semenjak Weimar Republik Jerman tidak lagi memiliki cadangan emas, maka pembelian besar-besaran valuta asing (pound dan dollar) untuk biaya restorasi sosial membuat uang Marks hanyalah setumpukan kertas stensilan. Republik Weimar menjelang hancur dalam hiperinflasi dengan 1 dollar AS sama dengan 4.2 trilyun Marks dimulai dari pembelian besar-besaran aset-aset, pabrik, hutan, tanah, apartement, transportasi, dan bisnis hiburan di seluruh Jerman oleh grup Yahudi.
5.0
Republik Weimar mulai mengeluarkan UU hiburan dan liberaliasi pasar. Agustus 1927 teater homoseksual dan lesbian pertama didirikan di Jerman.
5.0
Hitler dengan kelompok nasionalis-sosialis mulai mengarahkan kampanye untuk menggerakkan Gereja dan 32 partai-partai kepada pengembalian "kehormatan gereja, bangsa, dan keluarga jerman".
6.0
Kelompok Yahudi mengembargo produk-produk Jerman di luar negeri. Spekulan menawarkan investas asing masuk untuk membeli lebih banyak properti yang memaksa orang Jerman kehilangan banyak tanah dan tempat tinggal.
7.0
Hitler dan NSDAP nya memenangkan 107 kursi pemilu parlemen 1930.
8.0
Weimar bangrkut dengan meninggalkan 7,1 juta pengangguran, hutang dan cadangan emas kosong.
9.0
Hitler memenangkan 230 kursi pada 1932, dan karena suara mayoritas ia diangkat menjadi Kanselir pada 1933.
10.
Hitler memulai pemerintahannya dengan 13,9 juta dukungan suara untuk partai Nazi, kas kosong, hutang luar negeri, 7 juta pengangguran, dan ketimpangan sosial antara orang Jerman dan yahudi. Minoritas Yahudi (2%) menguasai 90% usaha Jerman.
11.
Hitler menolak menggunakan valuta asing (dollar) sebagai pembayaran luar negeri. Ia memilih untuk dilakukannya perdagangan barter dengan negara-negara lain karena tidak mengharuskan negara mitra membeli dolar di pasar valuta.
12.
Grup Yahudi Sedunia mencanangkan perang pada Maret 1933 terhadap Jerman dengan memboikot seluruh produk Jerman.
13.
Hitler membatasi bisnis keuangan Yahudi dan mendorong pemain Jerman untuk mengurangi ketergantungan dari hutang dengan sistem kupon terutama dari rentenir yahudi. Kupon diperoleh dari dana sumbangan yang diberikan kepada Perkumpulan usaha. Mirip simpanan sukarela dari koperasi sekarang.
14.
Hitler membatasi kepemilikan modal luar biasa pada satu orang dan mendorong dibentuknya kelompok-kelompok usaha. Melarang mereka meminjam uang dari bunga bank asing agar tidak terjebak dalam krisis ekonomi sebelumnya.
15.
Hitler membuka industri permesinan, perkapalan, dan pertahanan serta membangun infrastruktur yang menyerap 6 juta pengangguran dalam waktu 5 tahun saja semenjak 1933. Jerman meningkatkan pendapatan dalam negerinya hingga 20% dari perdagangan barter internasional.
16.
Pada Agustus 1938 Yahudi Internasional mendorong senat AS melancarkan perang terhadap Hitler. Yang dibalas warga Jerman dengan menghancurkan toko-toko dan bank-bank milik orang Yahudi. Peristiwa ini dikenal sebagai malam beling "Kristalnacht".
17.
Hitler mewajibkan seluruh pembangunan di Jerman memprioritaskan penggunaan dan penemuan bahan-bahan lokal. Rayon adalah salah satu penemuan material tekstil era Hitler untuk menjawab embargo kapas India yang diterapkan Inggris. Hitler menyebut penemuannya ini sebagai hasil dari Ekonomi Kerakyatan.
18.
Hitler melaksanakan pembangunan perumahan rakyat semesta. Rumah bagi keluarga dengan banyak anak dibebaskan dari pajak-pajak. Pendidikan gratis, dan memperkenalkan istilah univeristas link-and match antara dunia pendidikan dan usaha. Kelak universitas ini kenal sebagai sekolah tinggi teknik (Fachocschule) yang di kita mirip dengan politeknik.
19.
Hitler menantang desainer mobil mahal Ferdinand Porsche membuatkan desain mobil yang murah bagi rakyat kebanyakan dengan harga kurang dari seribu Mark. Mobil tadi kemudian terkenal seantero Jerman dan diberi nama Asemka Solo.

0 comments:

Post a Comment