Friday, June 30, 2017

Travel tips dan trik

Bagi yang ingin melancong ke eropa.
Visa
1. Bahwa untuk izin masuk, di eropa ada visa schengen tetapi tidak semua negara eropa anggota schengen.
Cek juga Daftar negara subyek bebas visa eropa dan yang menyediakan visa on arrival (visa di urus di gate kedatangan). Negara2 anggota persemakmuran biasanya memberikan kepengurusan visa ke pihak ke tiga atau via online.
2. Ada beberapa negara eropa yang tidak membutuhkan visa bagi pemegang passport dinas/biru Indonesia. Mereka Belanda, Belgia, dan Prancis.
3a. Bandara utama yang jadi hub eropa ada 4: Franfurt, Amsterdam Schipol, Charles Gaule Paris, dan Zurich Swiss.
3b. Jika berkunjung ke negara yang tidak menggunakan schengen seperti Swiss, Bulgaria, Belarus, harap diperhatikan dimana pesawat transit. Bandara Frankfurt atau Zurich akan meminta visa schengen, karena Jerman dan bagian Swiss ini terima schengen.
Biasanya pas naik pesawat menuju transit pertama (Singapura, KL) kita akan diturunkan petugas imigrasi.
Saran, sebaiknya bila penerbangan transit di eropa pilih dua negara ini: Belanda (Schipol) dan Prancis (Charles de Guile).
4. Waktu mengurus visa bisa berbeda tiap kedutaan. Jerman bisa diurus dalam 3 hari kerja, sementara Inggris lebih lama.
5. Untuk negara-negara yang cerewet, seperti Inggris atau AS, saiya mengurus visa masuk di Singapura. Selain gak perlu terhina antri dari subuh di kedutaan dan diperlakukan seperti teroris, di singapura bisa selesai dalam satu hari (besok diantar ke lokasi tinggal/inap).
Tiket
1. Saiya suka naik kelas ekonomi. Selain harganya murah, saiya kadang berkenalan dengan beberapa penumpang lainnya. Kelas yang lebih tinggi biasanya diminati mereka yang mengejar privasi. Sementara saiya agak mudah bosan kalau duduk lama tapi nganggur.
2. Pembelian tiket paling murah via online. Bisa dibayar pakai kartu kredit saudara atau kartu debit. Kartu debit Indonesia yang baru bisa dipakai itu ATM keluaran CIMB, BCA. BNI atau BRI mungkin juga bisa, belum pernah coba
3a. Saiya suka pakai situs pencari Skyscanner.com, atau traveloka di Indonesia. Perhatikan kalo harga tertera bisa jadi blum termasuk pajak, bea admin, tempat duduk.
Tiket pesawat atau kereta eropa biasanya jual pisah antara tiket naik dan tempat duduk.
3b. Sepengetahuan saiya tiket akan murah bila dibeli jauh-jauh hari. Tetapi belakangan saiya membeli tiket "nyaris" waktu keberangkatan. Ternyata harganya dibanting. angebote kata orang Jerman.
4. Kalau mau lebih murah, harus rajin-rajin cari penerbangan aneh. Misal naik dari Bandung ke Kuala Lumpur, atau jakarta Quangzhou, Azerbaijan, baru ke Frankfurt, CDG Paris atau Schipol.
Rencana Perjalanan
1. Ini yang jarang difahami pelancong Indonesia. Memprint-out rencana perjalanan.
Maskapai, kereta api atau bus ke eropa selalu membuka kemungkinan mengubah jadwal rencana perjalanan. Jangan sampai naik kreta dari Amsterdam ke Paris gak taunya 4x transit ganti kereta.
2. Rencana perjalanan membantu kita menghitung waktu transit di bandara. Dibutuhkan kurang lebih 30 menit dari kedatangan Cengkareng di Changi ke pesawat menuju eropa. Atau hampir satu jam dari kedatangan lokal eropa ke gate penerbangan asia. Jika waktu transit hanya satu jam, ini benar-benar sport jantung. Belum lagi pemeriksaan2 yang mungkin padat antrian.
Saiya pilih waktu transit minimal 2 jam, biar bisa sedikit santai.
Penginapan
1. Penginapan mudah dibooking tanpa perlu membayar di muka atau kena denda bila dibatalkan. Booking saja beberapa tempat.
Handy
1. Beli segera nomor lokal agar bisa internetan. Nelpon, internetan, Ngandelin jaringan ponsel indonesia bikin miskin.

0 comments:

Post a Comment