Wednesday, July 12, 2017

Rasa, Karsa, Cipta, dan Karya

"Untuk memperoleh apa yang kau cintai, awalnya adalah kesabaran atas apa-apa yang tidak kau sukai." - Abu Hamid Al-Ghazali rahimahullah.
"Hawa nafsu membuat seorang raja menjadi budak. Kesabaran membuat budak menjadi seorang raja." - Abu Hamid Al-Ghazali rahimahullah.
"Jika lintasan hati tidak dijaga, ia akan menjadi rasa (keinginan), lalu rasa menjadi karsa (kehendak), karsa berubah menjadi cipta (berniat untuk melakukan), dan cipta berubah menjadi karya (perbuatan). Karya ini yang bisa berakibat pada kecelakaan dan murka Allah. Maka, kejahatan harus ditebas sejak dari akarnya--yaitu sejak ada lintasan hati, yang dari sana hal-hal lainnya akan mengikuti." - Abu Hamid Al-Ghazali rahimahullah.
"Orang seperti kami sebenarnya hanya mengambil sedikit manfaat dari beberapa rakaat shalat di akhir malam, yang biasa kami lakukan." -- Imam Abu ’l-Qasim al-Junayd al-Baghdadi rahimahullah.
(Oleh-oleh mempelajari dan menonton biografi Imam Al-Ghazali. Terjemahan oleh Herry Mardian. Terminologi 'rasa', 'karsa', 'cipta' dan 'karya' adalah terminologi guru saya--sama makna dengan yang dimaksud Al-Ghazali).

0 comments:

Post a Comment