Friday, October 13, 2017

Kira-kira begini PETA BARU EROPPAH



Jika terjadi pemisahan (secession) mengikuti apa yang dilakukan warga Catalonia di Spanyol maka kebanyakan tuntutan pemisahan diri dari negara induk akan menggunakan alasan-alasan;
1. etnis-kebudayaan,
Alasan ini sebenarnya adalah alasan paling klasik, karena menyangkut perhubungan primordialitas antara manusia dengan lingkungan tinggalnya. Apa yang terjadi di Inggris dengan perlawanan Irlandia, Basque dan Catalan di Spanyol, Sicilia di Italia dll., adalah masalah etnis-kebudayaan ini. 
Alasan yang sama digunakan oleh orang Kurdi di Turki, Suriah, Irak, dan Iran. Kurdistan Irak di Erbil bulan lalu telah melakukan referendum sendiri dengan keputusan berpisah dengan Administrasi Baghdad. Perbedaan Kurdi adalah bahwa mereka secara bahasa adalah kaum nomad. Tuntutan memiliki negara adalah hal yang pasti ditolak. 
2. Alasan Mayoritas Penduduk
Pemisahan Crimeria/Krimea dengan Ukraina yang didukung Rusia adalah contoh bagaimana masyarakat pendatang yang keturunan Rusia kemudian mendominasi pergaulan hidup untuk menuntut pemisahan.
3. Alasan Sejarah
Ini hampir mirip dengan nomor satu, hanya saja persoalan sejarah mulai menyangkut ke hal-hal teknis administratif. Termasuk sentimen kekuasaan, dimana mereka yang mayorita merasa menjadi sub ordinat dari kekuasaan lain yang minoritas atau berada di tempat lain.
4. Alasan Bahasa
Di antara negara-negara eropa, sepertinya hanya Jerman-Swiss-Austria, yang akan menggunakan sentimen masyarakat berbahasa deustch sebagai dasar persatuan. Hanya saja diantara kelompok deustch sendiri ada kelompok lain yang merasa dirinya sebagai Hoftdeustch, jerman tinggi seperti orang Bavaria.
Andi H

0 comments:

Post a Comment