Sunday, March 11, 2018

Teknologi Yang Pas

Sejak Habibie mengatakan bahwa kita perlu menjadi bangsa yang canggih, saiya menemukan satirenya dari orang Bandung.
Canggih -acan ka panggih- belum ngerti.
Hal ihwal kecanggihan teknologi ini selalu menjadi hantu bagi sebagian besar masyarakat. Dimana pada akhirnya ada satu titik dimana kita tidak memahami apa manfaat dari kecanggihan dan kemutakhiran dari teknologi tadi.
Ini misalnya, di rumah saiya masih menggunakan PC intel pentium core duo pada saat terakhir orang meributkan adanya jenis prosesor quad core dengan kode dagang i5, atau i7. IMac yang biasa digunakan untuk menonton youtube dan mengedit musik juga berteknologi sejenis.
Sampai hari ini keduanya masih digunakan dengan baik dan kondisinya baik-baik saja.
Pada perang proksi Suriah, sebagian besar senjata yang digunakan baik oleh pemberontak maupun tentara Arab Suriah adalah sistem arsenal dengan teknologi yang pas. Tank-tank tua peninggalan perang dunia ke dua atau era Uni Sovyet seperti T54, 60, 70, sampai yang terbaru seri 90 cukup efektif mengalahkan the so called pemberontak dan milisi ISIS.
Canggih -acan ka panggih- belum ngerti. Komando Suriah hanya memanfaatkan pesawat tanpa awak seperti drone yang banyak kita lihat di toko-toko kamera di Jakarta. Di kombinasikan dengan handpon atau table merk umum seperti ASUS atau Samsung. Mereka memanfaatkannya untuk penelaahan pengamatan (reconaisance) dalam penyerangan atau pun intelejen. Suriah tidak memiliki UAV pesawat tanpa awak canggih.
Kemarin berita banyak melaporkan, pesawat F16 dengan seri tercanggih milik Israel ditembak jatuh oleh sistem anti serangan udara Suriah.
Israel mencurigai jenisnya adalah SA5, 11, 15 atau 17. Semuanya produk tahun 1960-1970. Barang yang sama yang digunakan milisi Vietnam mengalahkan supermasi udara AS.
Vietnam menembak jatuh 1236 pesawat AS dengan sistem persenjataan milik Uni Sovyet.
Suriah pun masih menggunakan benda yang sama untuk menembak F16 dan F35A yang canggih dengan senjata ini. Mereka mengatakan bahwa sistem yang digunakan adalah SA 200, satu jenis yang lebih canggih pada masanya. tetapi kebanyakan orang tidak percaya mereka memanfaatkannya.
Appropriate Technology, teknologi yang sesuai dengan keadaan. Tidak perlu canggih, dan mahal tetapi pas saja.
Sebaiknya sistem alutista atau arsenal kita tidak perlu canggih-canggih asal cukup dan dapat diandalkan.

0 comments:

Post a Comment