Sunday, March 25, 2018

UU Keinsinyuran : UU No 11/2014

Suka atau tidak suka, undang-undang keinsinyuran No 11 tahun 2014 telah diundangkan. Menurut undang-undang ini, yang didefinisikan keinsinyuran adalah:
“keinsinyuran merupakan kegiatan penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan peradaban dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 “
Jadi definisi keinsinyuran tuh sangat luas. Cakupan keinsinyuran juga sangat luas, tidak hanya mencakup kerja konsultan dan kontraktor tetapi juga penelitian dan pengajaran. Jadi peneliti dan pengajar teknik juga harus insinyur profesional (sertifikat dosen doang ga cukup). Undang-undang itu juga dengan jelas mengatur besarnya pidana jika melanggar.
Mungkin banyak rakyat tidak mempedulikan keberadaan undang-undang ini karena belum ada yang dipidana karena melanggar undang-undang ini. Tetapi seperti undang-undang ITE, orang baru melek setelah ada yang dipidana.
Kabar baik buat yang merasa insinyur elektro dan mesin, dua disiplin ilmu ini ternyata bukan merupakan bidang keinsinyuran kalau menurut undang-undang no 11/2014. Jadi masih bisa aman bernafas.

0 comments:

Post a Comment