Thursday, July 26, 2018

Ujian dalam Kehidupan

Alfathri 25 Juli 2018
Ada hukum kehidupan yang Allah Ta'ala nyatakan dalam Al-Qur'án, tentang keniscayaan ujian dalam kehidupan; khususnya bagi mereka yang mencari Allah Ta'ala.
Di sisi lain, bagi orang yang kufur kepada-Nya, maka Dia akan bukakan pintu-pintu khazanah dunia. Semua hal dibuat mudah, mencari rezeki mudah, bisnis untung terus. Manusia tertentu akan dibuat tenggelam dalam dunianya masing-masing, entah apakah itu dalam bisnis, dalam karir akademis, dalam kehidupan sosial atau bahkan yang dalam dunia seolah-olah berbau spiritual.
Tapi, semua yang dilakoninya bukan membuat hatinya semakin dekat dengan Allah Ta'ala, dan tanpa disadarinya tiba-tiba maut datang menjemput.
Na'udzubillahi min dzalik.
Bukti bahwa hatinya masih berjarak dengan Allah Ta'ala adalah ketidakmengertiannya atas banyak fenomena kehidupan atau berbagai peristiwa yang menimpa dirinya, keraguannya dalam perjalanan, kecemasannya akan masa depan, ketakutannya terhadap masa lalu, ketidaksabarannya menghadapi ujian, kesombongannya menikmati limpahan karunia-Nya, keterputusannya dengan Al-Quran, bahkan hingga memaki-maki Allah, baik di lisan maupun dalam hati, serta menuduh bahwa “Dia tidak adil! Dia membuat aku sengsara! Dia tidak mengabulkan doaku!”
Na'udzubillahi min dzalik. Semoga Allah Ta'ala berkenan mengangkat segenap hijab dalam hati kita.
(Secuplik paparan dalam Pengajian Hikmah Al Quran yang diampu oleh Mursyidku.)

0 comments:

Post a Comment