Tuesday, April 14, 2020

Mencari Sumber Berita

Kebiasaan saiya dalam memberikan pendapat adalah berusaha mencari sumber dari persoalan itu sendiri. Menemukan sumber itu sama sulitnya dengan memberikan pendapat. Ini karena sudah ada kebiasaan dari diri saya untuk betul-betul mempercayai sebuah berita jika dan hanya jika sanad (telusurannya) mengarah kepada sumber terdekat atau primernya.
"Jadi saiya sendiri melihat apa yang terjadi belakangan ini dengan saya dan BPIP, akan ada hikmah dibaliknya."
Kepala BPIP, Prof Yudian memulai obrolan kecil di depan pilar kantor Wakil Presiden.
"Sebetulnya saya senang menebak arti nama orang dan memikirkan bagaimana hebatnya orang tua kita memberikan nama-nama tadi."
"Misal itu Pak Lia Kian. Kedengarannya nama Cina, tetapi maknanya dalam bahasa arab kurang lebih; Milikku lah Eksistensi ini."
"Nah kalau nama Yudian Wahyudi itu nama perempuan jowo apa nama sunda yang saling tolong-menolong. Yudi Wahyudi."
"Ha ha ha ha"
Jadinya saiya bertanya mengapa ia membuat kegaduhan yang akhirnya agak disesalinya juga.
"Perbedaannya adalah, Prof. kan sekarang pejabat publik, yang ada bagusnya juga mengenali komunikasi publik bagi pelaku di pemerintahan."
Alasannya, kata saya, karena seorang pejabat akan diverifikasi dengan hak-hak keuangan dan jabatan yang melekat. Ada moral hazard yang diklaim milik masyarakat yang harus dihormati karena pejabat pemerintah bagaimana pun juga adalah aparatur sipil, yang digaji dengan uang mereka.
Intinya seorang pejabat publik sebenarnya tidak akan bebas menciptakan sebuah diskursus bila pada akhirnya akan menghasilkan polemik apalagi hal-hal yang membuat pro-kontra di masyarakat. Tentu tidak mudah mengelem rekatan sosial bila terjadi antipati apalagi ketidakpercayaan terhadap kerja membumikan Pancasila seperti diinginkan.
Meskipun secara personal kita menganggap pendapatan kita adalah yang terbaik, tetap saja ada moral hazard yang perlu dikedepankan terlebih dahulu.
"Iya. Saya yakin akan ada hikmah di balik persoalan ini."
"Ya semoga saja Prof."

0 comments:

Post a Comment