Tuesday, April 14, 2020

Menurut saiyah pemda DKI sangat baik menangani banjir di Ibukota.

Ada alat-alat berat baru yang berjam-jam mengangkat sampah-sampah untuk mempercepat buangan air ke laut. Truk-truk sampah hilir mudik menembus hujan. Petugas-petugas dan pejabat kota menyiagakan aparat dan alat-alat.
Evakuasi warga yang terjebak akibat limpahan air dari Bogor benar-benar dramatis. Perahu boat hilir mudik menyapu kampung-kampung terdampak. Menyisir barang kali ada warga yang belum sempat mengungsi. Banjir cepat sekali datang. Meninggalkan orang dalam ketidaksiapan
Petugas dinas perhubungan dan lalin membuat rute-rute baru. Posko-posko pemantauan dibuat cepat. Petugas Damkar membantu menguras genangan dari kampung-kampubg dan jalan. Mobil-mobil storing PLN hilir mudik memperbaiki gangguan.
Kurang dari 5 jam banjir besar mulai surut. Menurut saiya ini kerja hebat dalam mitigasi banjir.
Saiya hanya membayangkan, jika sodetan Ciliwung ke Banjir Kanal Timur terselesaikan. Ada banyak wilayah terselamatkan. Kemarin malam beda sekali arus Ciliwung yang bergolak-golak muntah sampai ke pinggiran tembok pembatas dengan BKT yang kosong.
Saiya juga agak heran, mengapa lambat sekali pintu air Ciliwung lama dibuka. Otoritanya ada di tangan presiden. Memang istana akan terdampak, tetapi sebentar saja dan yang jelas mempercepat penyusutan genangan banjir di perkampungan.

0 comments:

Post a Comment