Wednesday, April 15, 2020

wabah itu seperti tamu. Ia datang dengan tujuan dan berkah

Dawuh Mbah Hamid Pasuruan, wabah itu seperti tamu. Ia datang dengan tujuan dan berkah. Pas pergi ia angkat dosa dan kafarat si tuan rumah. Maka begitu indah Islam beri tuntunan muliakan tamu.
.
Sudah ada beberapa Yai Sepuh berkata tidak usah panik hadapi Si Korona. Biasa kerja di lapangan ya tetap berangkat, bisa di rumah ya khusyuk menikmati hal termahal era moderen: waktu luang.
.
Di tengah berbagai gelombang susulan Si Korona, entah arus mudik pembawa virus, saling curiga dan rebut wewenang antar instansi lintas negara, ada berita baiknya. Bukan untuk "denial" atau tutup mata-telinga bahwa Si Korona sudah mengetuk tiap rumah di bumi ini, tapi bersikap tenang.
.
Ini ujian terbesar atas iman seseorang. Kalau ia panik, borong ini-itu, apalagi untuk jualan, bisa jatuhnya malah kejar dunia di saat harusnya kejar akhirat. Terlalu santuy juga bahaya, tahu-tahu sudah dipasang ventilator, salahkan takdir Tuhan pula. Padahal dari jauh hari sudah diperingatkan macam-macam. Maka, tenang datang dari sisi akal juga mental.
 

0 comments:

Post a Comment